Sabtu, 24 September 2011

Sharing internet usb modem menggunakan mikrotik dan router Linksys

Dalam tulisan kali ini kang nadoel merasa terpanggil dan tergugah terhadap kawan-kawan yang ingin membangun mini hotspot di dalam rumah dengan biaya hemat menggunakan internet usb modem dan juga bisa berpindah-pindah (portable).

Saya menggunakan kartu internet dari three dengan usb modem huawei E172. Pertama kali dicoba speed yang diberikan mencapai 1 mbps, sungguh luar biasa, bahkan sampai sekarang pun koneksi masih tetap stabil, paling minim saya mendapatkan speed 512 kbps. Karena melihat kecepatan internet three dengan usb modem yang begitu tinggi ini maka kemudian saya membangun mini-hotspot dilingkungan sekitar saya.
Hanya satu kekurangannya, tidak tersedia paket unlimited, yang disediakan semuanya menggunakan quota, paket yang saya gunakan yaitu paket internet 1 bulan dengan quota 2 Gb dengan harga 50 ribu. dan jika quotanya habis saya cukup membayar 25 ribu untuk mengembalikan pada kecepatan semula.
Topologi yang saya gunakan :


Peralatan yang perlu disiapkan :
- Usb Modem
- Laptop/PC untuk internet sharing
- Mikrotik (optional)
- Router Linksys
- Kabel UTP
- Switch (optional)
Saya anggap anda sudah menginstall usb modem anda dan sudah bisa internetan di laptop/PC menggunakan USB modem.

Berikut langkah-langkahnya :
Lakukan dial koneksi internet menggunakan usb modem. Pastikan laptop/PC anda sudah bisa internetan.



Buka Control Panel -> Network Connection klik kanan koneksi three anda kemudian pilih properties.




Klik Tab Advanced, beri centang Allow other network… kemudian pilih Local Area Connection Klik OK pada notifikasi yang keluar.




Klik kanan Local Area Connection kemudian pilih properties



Pada IP address LAN anda bisa isi manual atau bisa juga mengosongkannya (DHCP) karena nantinya akan di isi secara otomatis dengan 192.168.0.1



Sampai disini kita sudah berhasil melakukan konfigurasi internet connection sharing atau membagi koneksi internet anda menggunakan usb modem pada komputer lainnya.

Selanjutnya kita bisa membagi koneksi internet menggunakan mikrotik, router linksys atau ke komputer langsung tergantung kebutuhan anda.

Membagi koneksi internet usb modem menggunakan mikrotik.
- Colokan kabel UTP dari laptop yang sudah bisa internetan menggunakan usb modem ke mikrotik ether2
masukan IP address, Gateway, DNS










- Masukan IP address untuk Lokal di ether1



- Kemudian setting ether1 sebagai DHCP server agar semua komputer yang terhubung ke ether1 mendapat IP otomatis dari mikrotik.
- Colokan ether1 mikrotik ke router Linksys pada port LAN (jangan di port WAN), kita tidak perlu setting apapun di router linksys selain mengaktifkan wirelessnya.
Selanjutnya anda tinggal melakukan test koneksi ke linksys menggunakan laptop lainnya dengan koneksi wireless atau kabel. Pastikan anda mendapat IP dengan range 192.168.1.2-192.168.1.254.

Membagi koneksi internet usb modem 2 komputer
- Colokan kabel UTP dari laptop yang sudah bisa internetan menggunakan usb modem ke laptop lainnya dengan kabel Cross (sebagian laptop sudah bisa juga menggunakan kabel straight)
- Setting IP address pada laptop lainnya

setelah itu kita sudah ,menyelesaikan mengkonfigurasi jaringan mikrotik menggunakan modem , dan siap memakainya pada jaringan kita jika kita ingin membuat jaringan kecil di rumah atau tempat-tempat yang kita inginkan.

0 komentar: